Minggu, 01 April 2012

Dampak Perdagangan Bebas untuk Sarjana Komputer

Perdagangan bebas adalah sebuah konsep ekonomi yang mengacu kepada Harmonized Commodity Description and Coding System (HS) dengan ketentuan dari World Customs Organization yang berpusat di Brussels, Belgium. penjualan produk antar negara tanpa pajak ekspor-impor atau hambatan perdagangan lainnya.
Perdagangan bebas dapat juga didefinisikan sebagai tidak adanya hambatan buatan (hambatan yang diterapkan pemerintah) dalam perdagangan antar individual-individual dan perusahaan-perusahaan yang berada di negara yang berbeda.

Perdagangan internasional sering dibatasi oleh berbagai pajak negara, biaya tambahan yang diterapkan pada barang ekspor impor, dan juga regulasi non tarif pada barang impor. Secara teori, semuha hambatan-hambatan inilah yang ditolak oleh perdagangan bebas. Namun dalam kenyataannya, perjanjian-perjanjian perdagangan yang didukung oleh penganut perdagangan bebas ini justru sebenarnya menciptakan hambatan baru kepada terciptanya pasar bebas. Perjanjian-perjanjian tersebut sering dikritik karena melindungi kepentingan perusahaan-perusahaan besar.
Dari kondisi tersebut lah, sangat memungkinkan terciptanya persaingan tidak sehat, dimana pihak-pihak yang teruntungkan oleh regulasi yang ada saja yang mampu bertahan di kancah pasar lokal, maupun internasional.Saat pasar bebas sudah benar-benar berlaku sesuai dengan segala peraturan yang telah disepakati, maka akan sangat sulit bagi para produsen kelas menengah ke bawah untuk masuk daftar persaingan. Walaupun produk lokal nantinya mempunyai kualitas yang tinggi seperti produk import, namun mereka belum tentu mampu saingi harga yang dibanderol oleh produsen asing. Seperti halnya China, sangat menguasai pasaran produk dengan harga rendah, dan itu sangat diminati banyak konsumen dunia.
Dalam dunia komputer, keadaan ini bisa sangat menguntungkan. Perkembangan teknologi yang ada, tak lagi terhambat masuk ke dalam negeri karena proses cukai dan lainnya. Sehingga makin beragam pula teknologi serba canggih ada di pasar lokal. Di satu sisi, ini adalah poin penting untuk bisa mensejajarkan masyarakat indonesia di mata dunia dalam hal teknologi. Pada sisi yang lain, ini membuka lebar kesempatan para sarjana yang berbasis ilmu komputer untuk tampil sebagai pekerja dengan pendapatan yang tidak sedikit. Hal itu terjadi karena tiap teknologi yang ada dipastikan membutuhkan orang yang mampu melakukan maintenance, perawatan, atau servis terhadap teknologi itu.Teknologi yang diperuntukkan masyarakat umum, atau pun untuk skala yang lebih besar,seperti perusahaan atau bank, akan membutuhkan orang yang dikhususkan berada dalam sektor pemakaian,perawatan,ataupun servis.
Saat ini ramai di pasaran telepon pintar yang berbasis android. Secara otomatis, konsumen akan membutuhkan 'montir' untuk tempat dia berkonsultasi atas apapun yang terjadi dengan telepon pintarnya.Kondisi ini menyebabkan pihak vendor dari gadget tersebut harus menyediakan tenaga ahli di bidang android. Dari sini lah muncul peluang pekerjaan bagi para sarjana komputer.
Melihat perkembangan teknologi yang sangat pesat,pasar bebas yang mulai diterapkan, menyebabkan disiplin ilmu komputer makin menunjukan keterbutuhannya di segala lini kehidupan dan membuat ilmu komputer semakin menarik untuk dipilih sebagai jurusan kuliah oleh para lulusan SMA sekarang ini,seperti halnya jurusan kedokteran. Maka tak heran kalau saja gelar sarjana komputer lebih mudah ditemui di dewasa ini.
Dari hal baik dari dampak pasar bebas untuk para sarjana komputer,penulis juga menemukan kemungkinan dampak buruk yang akan diterimanya. Para Sarjana komputer dalam negeri akan sangat dituntut untuk turut serta dalam persaingan internasional dengan menghadirkan inovasi. Selama ini, para ahli komputer lokal lebih banyak yang hanya mampu memodifikasi teknologi komputer yang ada ketimbang menciptakan yang baru. Itu lah salah satu tantangan para sarjana komputer kedepan.Di lain hal, kuliah yang diterima para sarjana komputer selama mereka berstatus mahasiswa belum tentu sesuai dengan perkembangan teknologi komputer yang ada. Entah itu kuliah tentang hardware ataupun software yang sangat mungkin terlampau kuno jika dibandingkan dengan yang ada disaat ini. Jika pihak kampus masih bertahan dengan kurikulum yang ada, maka ini jadi kewajiban yang akan dipikul sendiri oleh mahasiswa untuk mampu ikuti perkembangan yang ada walaupun itu tidak didapatkan,dikenalkan oleh perkuliahan.

sumber:http://id.wikipedia.org/wiki/Perdagangan_bebas